Bentuk dan lembaga Pendidikan Bahasa
Arab di Indonesia (Effendi;2009), yaitu :
- Pembelajaran
Bahasa Arab yang verbalistik yaitu pembelajaran bahasa untuk menguasai
keterampilan membaca Al Quran. Lemaba model ini berupa TPA (Taman Pendidikan
Al-Quran), Masjid, Mushola, dan keluarga muslim secara privat.
- Pembelajaran Bahasa
Arab yang berkaitan erat dengan pemahaman atau pendalaman keilmuan Bahasa Arab
dan agama. Lembaga model ini adalah Pondok Pesantren. Model ini menggunakan
Qowaid Watarjamah (menggunakan definisi/kaidah)
- Pembelajaran Bahasa
Arab secara utuh, pembelajaran model ini mengajarkan Bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi di samping sebagai bahasa agama. Metode yang digunakan adalah metode
langsung. Lembaga model ini adalah Pondok Pesantren Modern yang dipelopori oleh
Mahmud Yunus di Sumatera dan Imam Zarkasi di GOntor Ponorogo.
- Pembelajaran Bahasa
Arab dengan kurikulum yang ditentukan oleh pemerintah yaitu MI, MTs, dan MA.
- Pembelajaran Bahasa Arab dengan tujuan keahlian dan profesionalisme. Pembelajaran model ini dilakukan di Perguruan Tinggi untuk tujuan khusus. Pembelajaran model ini dilakukan juga oleh lembaga khusus dengan tujuan pariwisata, haji, umroh, perdagangan, dan tenaga kerja.
http://www.activesearchresults.com
http://www.activesearchresults.com/addwebsite.php
http://www.activesearchresults.com/login/register.php
http://www.activesearchresults.com/help/about.php
http://www.activesearchresults.com/searchform.php