Studi islam secara etmologis
merupakan terjemahan dari bahasa Arab Dirasah Islamiyah.
Studi islam secara harfiyah adalah
kajian tentang hal-hal yang berkaitan dengan keislaman makna ini angat umum
karena segala sesuatu yang berkaitan dengan islam dikatakan studi islam.Oleh
karena itu perlu ada spesifikasi pengertian terminologis tentang studi
islam dalam kajian ini yaitu kajian secara sistematis dan terpadu untuk
mrngetahui memahami dan menganalisis secara mendalam hal-hal yang berkaitan
dengan agama islam baik yang menyangkut sumber-sumber ajaran islam ,pokok-pokok
ajaran islam,sejarah islam, maupun realitas pelaksanaannya dalam kehidupan.
Secara teorits islam adalah agama
yang ajaran-ajarannya di wahyukan Tuhan kepada manusia melalui Muhammad sebagai
Rosul.Islam pada hakikatnya membawa ajaran yang bukan hanya mengenai satu
segi,tetapi mengenai berbagai segi dari kehidupan manusia,Sumber-sumber ajaran
islam yang merupakan bagian pilar penting kajian islam dan paradigma keislaman
tidak keluar dari sumber asli,yaitu al-quran dan hadits,Dengan demikian,studi
islam tidak hanya bermuara pada wacana pemikiran,tetapi juga praksis kehidupan
yang berlandaskan pada perilaku baik dan benar dalam kehidupan.
Memahami dan mengkaji islam
direfleksikan dalam konteks pemaknaan yang sebenarnya bahwa islam adalah agama
yang mengarahkan pada pemeluknya sebagai hamba yang dimensi
teologis,humanis,dan keselamatan di dunia dan di akhirat.Sementara antara agama
dan ilmu pengetahuan masih dirasakan adanya hubungan yang belum serasi. Dalam
bidang agama terapat sikap dogmatis,sedang dalam bidang ilmiah terdapat sikap
sebaliknya,yakni sikap rasional dan terbuka.Dengan demikian,kajian islam yang
bernuansa ilmiah meliputi aspek kepercayaan normative-dogmatik yan bersumber
dari wahyu dan aspek perilaku manusia yang lahir dari dorongan kepercayaan.
Selain daripada itu sumber ajaran
islam berfungsi pula sebagai dasar pokok ajaran islam.Islam itu diambil sebagai
sumber mengindikasikan mak\na bahwa ajaran islam berasal dari sesuatu yang
dapat digali dan di pergunakan unuk kepentingan operasionalisasi ajaran islam
dan pengembangannya sesuai dengan kebutuhan dan tantangan yang di hadapi umat
islam. Misalkan dalam firman Allah Q.S Al-An am 114:
“maka patutlah aku mencari hkim selain dari
Allah,padahal dialah yang telah menurunkan kitab(Al Quran)kepadamu dengan
terperinci”.
Dan di perjelas dengan hadist nabi:
“Aku tinggalkan kepadamu dua perkara
yang berkaitan tidak akan tersesat selamanya apabila berpegangan dengan kedua
hal tersebut,yaitu al quran dan
sunnahku”.
(HR.Malik)
Selain itu islam dilengkapi dengan
sumber-sumber misalnya dari Al quran,As sunnah, Hadist,ijtihat,yang itupun
mempunyai bagian-bagian tersendiri dalam islam.
Dilanjutkan dengan pengetian aqidah secara
etimologi keyakinan atau keimanan.Iman pun demikian digolongkan misalnya iman
kepada Allah,iman kepada rosul Allah,iman kepada malaikat,iman kepada kitab
suci Al quran,iman kepada hari akhir,iman kepada qodo dan qodar.Iman
Akhlak secara etimologis
perilaku atau jiwa,akhlak merupakan cerminan diri manusia.Beberapa madzab
akhlak adalah adat istiadat,karena adat istiadat mempunyai pengaruh besar
pada diri sendiri serta pada masyarakat lain sehingga manusia hidup perlu
dengan masyarakat sosial lainnya denga demikia dapat mempengaruhi akhlak
individu.disini Secara terminologis,ada beberapa definisi tentang akhlak,salah
satunya adalah:
Menurut Al-Ghazali:
“Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa
yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan gampang dan mudah,tanpa memerlukan
pemikiran dan pertimbangan”.
Sumber akhlak dimaksudkan yaitu
yang menjadi ukuran baik dan buruk atau mulia dan tercela .Sebagaimana
karakteristik keseluruhan ajaran islam,maka sumber akhlak adalah al quran dan
sunnah,dan bukan akal pikiran atau pandangan masyarakat sebagaimana pada konsep
etika dan moral.Sehingga konsep akhlak adalah segala sesuatu itu di nilai baik
dan buruk atau terpuji dan tercela,semata-mata karena syara (al quran dan
sunnah). Demikian pula halnya dengan akal pikiran,Ia hanyalah salah stu potensi
yang dimiliki manusia untuk mencari kebaikan atau keburukan.Dan keputusannya
bermula dari pengalaman empiris kemudian di olah menurut kemampuan
pengetahuan.Oleh karena itu keputusan yang di berikan akal hanya bersifat spekulatif
dan subyektif.
Dan dalam pembahasan selanjutnya
tentangmasa sebelum islam ,islam mempunyai masa dalam perjalanan perkembangan
islam misalkan pada masa sebelum islam,khususnya di jazirah Arab disebut masa
jahiliyah.Istilah jahiliyah dipakai untuk menandai masa sebelum nabi Muhammad
SAW lahir.Jahiliyah adalah mas kebodohan dimana manusia tidak mengerti tentang
agama sehingga datangnya utusan Allah yaitu nabi Muhammad SAW untuk membenarkan
akhlak mereka(umat manusia)di duniaMasa klasik taitu masa di mana para khalifah
hidup sampai pada para tabiin-tabiinm,Masa pertengahan periode ini
ditandai dengan kemunduran total imperium di Baghdad,pemerintahan pusat di
Baghdad tidak hanya mempertahankan wilayah kekuasaannya.Masa modern /periode modern
di tandai degan penetrasi barat atas dunia islam.Di mesir ekspedisi Napoleon
Bonaparte(w 1821M)membawa dampak positif bagi rakyat Mesir khususnya dan dunia
pada umumnya akhirnya ekspedisi Napoleon Bonaparte ini dapat membuka mata dunia
islam dan menyadarkan kekurngan dan kemunduran ,terutama Turki dan Mesir,para
penguasa dan pemikir islam mulai berpikir untuk memgembalikan citra
keunggulannya atas Barat. Kontak islam dengan barat kini berlainan dengan
persentuhan islam dan barat pada periode klsik,maka kemudian lahirlah aliran
modernisasi dalam islam,dengan para pemikirnya yang berusaha mengembalikan
kejayaan islam pada masa klasik.
Islam sebagai sasaran studi social
ini di maksudkan sebagai studi tentang islam sebagai gejal social,hal ini
enyankut keadaan masyarakat penganut agam lengkap dengan struktur,lapisan serta
berbagai gejala sosial lainnya yang saling berkaitan.Islam pun sebagai sasaran
budaya dapat dimaksudkan penyebaran agama islam dulu denga adanya budaya,Karena
agama adalah pranata sosial sebagai control terhadap instruksi-instruksi yang
ada.Dengan demikian islam tidak berpatokan pda klekhusyukan saja melainkan juga
pada kebudayaan,pemerintahan ,ekonomi,pertahanan.
Oleh karena itu dapat di simpulkan
bahwa hasil pemikira manusia yang berupa interpretasiterhadap teks suci itu di
sebut kebudayaan,maka system pemerintahan islam,system perdagangan islam,system
pemerintahan isla,system perdagangan islam,system pertahanan islam,system
keuangan islam dan sebagainya yan timbul sebagai hasil pemikiran manusia adalah
kebudayaan pula.Klaupun ada perbedaannya iu terletak pada keadaan
institusi-insitusi kemasyarakatan dalam islam,yang di susun atas dasar
prinsip-prinsip yang tersebut dalam al quran.
Serta penelitian agama dengan
menggunakan pendekatan fiologio dapat dibagi dalam tiga pendekatan. Perlu di
tekankan di sini bahwa ke tiga pendekatan di maksudkan tidak terpisah secara
ekstrem,pendekatan-pendekatan bias over lapping,saling melengkapi atau bahkan
dalam sudut pandang tertentu sama,ketiga pendekatan tersebut adalah metode
tafsir,content analysis dan hermeneutika.Di tunjang dengan adanya ilmu kaalam
yang mempunyai arti ilmu yang membicarakan tentang wujud
Tuhan(Allah)sifat-sifat Allah,membicarakan pula tentang Rasul Allah
,sifat-sifat Rasul.berfilsafat adalah menemukan kebenaran yang sebenarnya.Serta
tasawuf di mana ilmu ini memfokuskan perhatiannya pada pembersihan aspek rohani
manusia sehingga dapat menimbulkan akhlak mulia.
Salah satu tiang yang sangat
penting dalam kebudayaan islam adalh pendidikan.Karena melalui proses
pendidikanlah seluruh nilai,norma-norma dan pengetahuan ditransformasikan atau
ditransmisikan dari satu generasi ke generasi berikutnya .Sebagaimana
pengertian pendidikan pada umumnya yang merupakan usaha sadar untuk
menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan ,pengajarn,atau latihan
bagi peranannya masa yang akan datang.Para ahli hukum islam
mendefinisikan fiqih adalah ilmu pengetahuan tentang hukum-hukum syara yang
bersifat operasional (amaliyah) yang dihasilkan dari dalil-dalil yang
terperinci.
Dewasa ini peradaban dunia
secara keseluruhan berada dalam tatanan global yang secara mendasar di topang
oleh perkembangan teknologi komunikasi.Kiprah islam di era globalisasi sangat
diperlukan karena islamyang bersifat toleran terhadap manusia karena islam
sangat fleksibel dalam menanggapi suatu zaman global,fundamentalisme adalah
penegakan aktifitas agama tertentu yang mendefinisikan agama secara mutlak dan
harfiyah.Islam tidak tinggal diam sehingga islam mempunyai kiprah tersendiri di
era globalisasi dengan cara islam menampilkan sikap yang lebih ramah dan sejuk
sehingga menjadi pelipur lara bagi kegerahan hidup manusia modern,islam yang
toleran terhadap manusia secara keseluruhan agama yang dianut sehingga
mendatangkan kebaikan dan kedamaian untuk semua,islam pun menampilkan visi yang
dinamis,kreatif,dan inovatif.
Sehingga islam yang fleksibel
seperti yang di terangkan di atas dapat membawa dampak yang baik di masyarakat
dan penyebaran islam sendiri di khalayak ramai.Namun dengan adanya gerakan
fundamentalisme yang mempunyai arti penegakan aktifitas agama tertentu
yang mendefinisikan agama secara mutlak dan harfiyah.menimbulkan
penekanan pokok pandangan supernatural yang menyebut tuhan memanifestasikan
diri-Nya dalam alam dan sejarah melalui perbuatan-perrbuatan luar biasa yang
melampaui hukum alam,kedua mereka bertekad menjadikan ajaran agama sebagai
ukuran untuk membatasi kebebasan mengajar.
Dan salah satu dari modernisai
islam ialah post modernisai/neo-modernisme islam. Neo-modernisme di sini
menjelaskan satu aliran pemikiran baru yang berusaha menggabungkan dua
factor penting :modernisme dan tradisionalisme.Modernisme islam cenderung
menampilkan dirinya sebagai pemikiran yang tegar,bahkan kaku.Sementara di pihak
lain tradisionalisme islam cukup kaya dengan berbagai pemikiran klasik
islam,tetapi justru dengan kekayaan itu para pendukung pola pemikiran ini
sangat berorientasi pada lampau dan sangat selektif menerima gagasan- gagasan
modernisasi.
Islam tidak hanya menyebar di
timur tengah saja tetepi juga islam menyebar keseluruh penjuru dunia terutama
di Asia Tenggara,kerajaan islam pertama di Indonesia yakni di Sumatera adalah
Samudera pasai yang melalui proses islamisasi dengan singgahnya
pedagang-pedagang muslim sejak abad ke-7M,ke-8M dan seterusnya serta Aceh
Darussalam dengan adanya puing-puing kerajaan Lamuri oleh Muzaffar
Syah(1465-1497_atau abad ke-15M,dan dialah yang membangu kota Aceh Darussalam.
Kerajaan-kerajaan islam di Jawa
antara lain: Demak berdiri bersmaan dengan melemahnya posisi raja Majapahit.Hal
itu memberi peluang kepada penguasa-penguasa islam di pesisir untuk membangun
pusat-pusat kekuasaan yang independent,di bawah pimpinan Sunan Ampel Denta,Wali
Songo bersepakat mengangkat Raden Patah menjadi raja pertama kerajaan
Demak,kerajan pertama di Jawa,dengan gelar Senopati Jimbun Ngabdurrahman
Panembahan Palembang Sayidin Panatagama. ,Kesultanan Pajang sebagai pelanjut
yang dipandang sebagai pewaris kerajaan islam Demak namun berakhirnya
kerajaan Pajang pada tahun 1618 yang di tandai dengan Pajang yang memberontak
terhadap Mataram yang ketika itu di bawah Sultan Agung Pajang di hancurkan dan
rajanya melarikan diri ke Giri dan Surabaya.
Awal dari kerajaan Mataram
adalah ketika Sultan Adiwijaya dari Pajan meminta bantuan kepada ,Ki Pemanahan
yang berasal dari daerh pedalaman untuk menghadpi dan menumpas pemberontakan
Aria Penangsang tersebut di atas. Tidak beda jauh dengan kerajaan Pajang
kerajaan Matarampun runtuh disebabkan oleh pemberontakan para ulama dengan
tokoh spiritual Raden Kajoran.
Dilanjutkan dengan kesultanan
Cirebon yang kerajaan islam pertamanya di Jawa Barat,kerajaan ini didirikan
oleh Sunan Gunung Jati.Di awal abad ke-16 Ci\rebon masih merupakan sebuah
daerah kecil di bawah kekuasaan Paku Pajajaran.Dari sinilah Sunan Gunung Jati
mengembangkan islam ke daerah-daerah lain di Jawa Barat seperti di
Majalengka,Kuningan,Kawali(Galuh,),Sunda Kelapa,danBanten..Pada waktu itu
Banten masih beraa di bawah kekuasaan raja-raja Sunda (dari Pajajaran
,atau mungkin sebelumnya Banten sudah menjadi kota yang berarti.Untuk menyebarkan
islam di Jawa Barat,
Kerajaan-kerajaan islam di
Kalimantan antara lain kerajaan Banjar merupakan kelanjutan dari kerajaan Daha
yang beragama Hindu.Peristiwanya di mulai ketika terjadi pertentangan dalam
keluarga istana,antara Pangeran Samudera sebagai pewaris sah kerajaan
Daha,dengan pamannya Pangeran Tumenggung namun setelah itu terjadi peperangan
,dalam peperangan itu Pangeran Samudera memperoleh kemenangan dan ssesuai
dengan janjinya ia beserta kerabat keratin dan pemeluk Banjar menyatakan diri
masuk islam .Pangeran Samudera sendiri setelah masuk islam di beri nama Sultan
Suryanullah atau Suriansyah ,yang di nobatkan sebagai raja pertama dalam
kerajaan islam Banjar.
Di lanjutkan dengan
kerajaa,Kutai,proses islamisasi di Kutai dan daerah sekitarnya di perkirakan
terjadi pada tahun 1575 .Penyebaran lebih jauh ke daerah-daerah pedalaman di
lakukuan terutama pada waktu puteranya Aji di Langgar dan
pengganti-penggantinya meneruskan perang ke daerah Muara Kaman,,dan kerajaan
islam di Maluku di bawah raja Ternate memeluk agama islam pada tahun 1460 dan
nama raja itu adalah Vongi Tidore. serta di Sulawesi yang di tandai dengan
kerajaan Gowa-Tallo kerajaan kembar yang saling berbatasan biasanya di sebut
kerajaan Maksar.Kerajaan ini terletak di semenanjung barat daya pulau Sulawesi
yang merupakan daerah transito sangat strategis.Gowa-Tallo menerima islam
dengan peperangan Raja Bone pertama yang masuk islam dikenal dengan gelar
Sultan Adam.Namun meski sudah islam peperangan antara dua kerajaan yang
bersaing itu pada masa selanjutnya masih sering terjadi dan bahkan melibatkan
Belanda untuk mengambil keuntungan politik daripadanya.dan adanya perang
melawan penjajahan Belanda antara lain :perang padri yang pada
mulanya dilakukan melalui ceramah di surau dan mesjid namun dalam peperangan
pertama dengan belanda banyak mendapat kesulitan dan menderita kekalahan
sehingga mereka harus mendatangkan bantuan dari Batavia,karena terus mendapat
kesulitan dan menderita kekalahan Belanda mencari jalan damai dengan kaum
paderi.Namun mereka licik secara tiba-tiba menyerang benteng bonjol
sehingga dalam penyerangan itu tuanku Imam Bonjol henghembuskan napas
terakhirnya.Dan di teruskan dengan perang diponegoro sampai dengan era
reformasi sekarang ini.
Islam tidak hanya berdiam
diri pada waktu dijajah oleh Belanda,umat islampun ikut berperang untuk
mempertahankan bangsa Indonesia.Dan islam pun tetap akan berjuang sampai nanti
meski penjajahan Belanda telah berakhir namun islam tetap berjung demi
kesejahteraan islam di Indonesia.
Serta dengan penyebaran islam di
Malaysia cukup mempunyai posisi penting di dunia islam karena kiprah
keislamannya,dengan bahasa Melayu yang mereka gunakan dalam proses islamisasi
di Negara-negara sekitar,sehingga Malaysia sangat kental dengan ajaran
keislamannya misalnya di Negara-negara Filiphina yang mempunyai kepulauan 7107
pulau dengan jumlah penduduk sekitar 47 juta jiwa,orang-orang islam di
filiphina menamakan dirinya”Moro”namun kaum islam di sana tak semulus
islamisai di Indonesia karena mereka berintegrasi ecara penuh kepada pemerintah
Republik Filiphina dan dengan program ini telah mengubah posisi mereka
dari mayoritas menjadi minoritas hampir di segala bidang kehidupan.
Islam merambah ke Thailand dengan
runtuhnya kerajaan Pattani sebagai suatu kelompok etnik dan berbahasa Melayu
serta beragama islam dipaksa menjadi suatu bagian yang tinggi dari masyarakat
Thai yang berbeda secara etnik,bahasa maupun agama.Di Singapura yang merupakan
Negara federasi Malaysia di Singapura mempunyai lembaga-lembaga keislaman
misalnya MUIS, JAMIYAH yang menerbitkan artikel dan makalah yang
disampaikan dalam beberapa seminar dan konferensi,dan perlu diketahui sebuah prestasi MUIS adalah mampu menerbitkan sebuah jurnal pertama kali berisi
tentang masalah-masalah kaum Muslim Singapura ,yang bernama “fajar islam” pada
tahun 1988.
Di lanjutkan Brunai Darussalam
yang relative tenang situasi politiknya dibandingkan negara-negara lain di
kawasan Asia Tenggara ,meski krisis moneter melanda kawasan global namun Brunai
Darussalam tetap stabil hal ini di tunjang dengan adanya sumber daya alam yang
menjanjikan sepert hasil tambang,lading minyak bumi yang merupakan
penopang ekonomi,serta kecilnya kapasitas penduduk sehingga politik di
Brunai tetap stabil.Dan lain sebagainya sehingga islam membuktikan dapat
merambah ke negar-negara besar di Asia Tenggara dan Negara-negara besar lainnya
di Dunia.
Di resum dari buku Pengantar Studi
Islam yang diterbitkan oleh IAIN Sunan Ampel Surabaya 2002 dengan tebal buku
311.
Source :: muhlis.files.wordpress.com/2007/.../prawacanapengantar-studi-islam